BERITA

” PEMANTAUAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK “

” PEMANTAUAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK ”

Selasa, 23 Juli 2019

Anak memiliki suatu ciri yang khas yaitu selalu tumbuh dan berkembang. Anak menunjukkan ciri- ciri pertumbuhan dan perkembangannya yang sesuai dengan usianya.

Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel serta jaringan interseluler,berarti bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruhan,sehingga dapat di ukur dengan satuan panjang dan berat.

Sedangkan perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar,gerak halus,bicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian.

Pertumbuhan terjadi secara simultan dengan perkembangan.Berbeda dengan pertumbuhan,perkembangan merupakan hasil interaksi kematangan susunan saraf pusat dengan organ yang di pengaruhinya.Misalnya kemampuan bicara,emosi,dan sosialisasi. Semua fungsi tersebut berperan penting dalam kehidupan manusia yang utuh.

Hari ini Bidan Puskesmas Cisadea memberikan praktik stimulasi pada bayi. Mengajak bayi berinteraksi,memberi rasa aman dan kasih sayang,mengajak bayi tersenyum dan mengajak bayi mengamati benda- benda dan keadaan sekitarnya. Respon bayi sangat baik dan cepat serta Ibu bayi sangat mendukung kegiatan ini sehingga ibu dapat mengetahui tingkat perkembangan anaknya.

About author

Articles

Organisasi Pemerintah bidang Kesehatan ? : Kami Siap Melayani Anda Dengan Ramah dan Nyaman ? : Jl. Cisadea No.19, Kelurahan Purwantoro ? : (0341) 489540

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *