ARTIKEL KESEHATANINFORMASI KESEHATAN

Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Balita Yang Sedang Sakit

Selamat pagi sobat Encis…

Akhir – akhir ini cuaca sudah mulai tidak menentu ya sobat, musim penghujan sudah mulai datang. Cuaca yang tidak menentu menjadi salah satu faktor daya tahan tubuh anak yang menurun yaa sobat, hal ini menyebabkan anak gampang sakit.

Makanan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menunjang kesembuhan anak yang sedang sakit. Ketika anak sakit tidak semua makanan bisa diterima oleh anak. apa saja sih makanan yang baik untuk anak ketika sakit?… sebaiknya Sobat Encis memberikan makanan padat energi dan makanan dengan tekstur yang dapat diterima anak.  makanan yang baik untuk anak adalah makanan dengan menu seimbang sesuai dengan tahapan makan anak.

  1. anak usia 0 – 6 bulan ==> makanan terbaik bagi anak usia 0 – 6 bulan adalah ASI eksklusif.  ASI bisa menjadi salah satu obat yang ampuh untuk bayi yang sedang sakit. Hasil penelitian Heti Prasekti dkk pada bayi yang menderita ISPA, Rata-rata anak yang mendapat ASI secara eksklusif sembuh pada hari ke 9 sejak munculnya gejala sedangkan anak yang tidak mendapat ASI eksklusif rata-rata sembuh pada hari ke 12 sejak munculnya gejala.
  2. usia 6 bulan ==> ketika anak sakit maka berikan ASI sebagai makanan utama. Jika memang kondisinya sudah mengalami perbaikan maka berikan bubur halus terlebih dahulu. Jika kondisi bayi masih sakit maka pemberian makanan pendamping ASI dapat ditunda sampai kondisi bayi sudah sehat.
  3. usia 7 – 9 bulan ==> pada usia ini anak sudah mulai diberi menu keluarga yang di lumatkan, sebagai contoh menunya nasi tim, sop ayam, tahu kukus kemudian di blender sehingga lumat. Pada saat anak sakit maka berikan makanan seimbang yaitu terdiri dari makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, sayur, dan buah. pemberian makan pada saat anak sakit adalah dengan memberikan porsi kecil dengan frekuensi pemberian sering. Jangan memaksa anak untuk makan, suapi anak dengan sabar dan memberikan doronga kepada bayi untuk mau makan. Pada usia ini ASI harus tetap diberikan dengan maksimal.
  4. usia 9 -12 bulan ==>
About author

Articles

Organisasi Pemerintah bidang Kesehatan ? : Kami Siap Melayani Anda Dengan Ramah dan Nyaman ? : Jl. Cisadea No.19, Kelurahan Purwantoro ? : (0341) 489540