BERITA

” KONSELING PASCA PEMASANGAN IUD PADA IBU BALITA “

” KONSELING PASCA PEMASANGAN IUD PADA IBU BALITA ”

Jumat, 3 Mei 2019

Anda takut menggunakan IUD ? Inilah jawabannya…

Alat kontrasepsi (IUD) adalah plastik berbentuk T yang ditempatkan di dalam rahim untuk mencegah kehamilan. IUD ada 2 jenis yaitu yang tertutup tembaga dan yang mengeluarkan progesteron.

IUD efektif dari waktu ke waktu dan berlangsung lama.IUD tembaga bisa bertahan hingga 10 tahun.IUD progesteron bisa bertahan selama 3-5 tahun.tergantung pada merek. Hal ini membuat IUD pilihan yang baik untuk wanita yang belum siap memiliki anak .

IUD ini aman digunakan dan tidak berbahaya.

Bikor Puskesmas Cisadea yaitu ibu Samani.Amd.Keb rutin memberikan konseling pasca pemasangan IUD pada pasien yang datang ke poli KIA-KB. Rata- rata mereka nenanyakan apakah dirinya cocok untuk memasang IUD dan apa efek dan gejalanya.

Dalam konseling nya, ibu Samani,Amd.Keb ini memotivasi para ibu dan memberikan edukasi terkait dengan IUD.sehingga pasien tidak ragu dan takut jika ingin memasang alat kontrasepsi IUD.

IUD ini juga memiliki manfaat diantaranya menjaga keharminisan rumah tangga dan ibu dapat menjaga kesehatannya.

 

 

 

About author

Articles

Organisasi Pemerintah bidang Kesehatan ? : Kami Siap Melayani Anda Dengan Ramah dan Nyaman ? : Jl. Cisadea No.19, Kelurahan Purwantoro ? : (0341) 489540

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *