BERITA

” PELACAKAN KASUS DBD “

” PELACAKAN KASUS DBD ”

Kamis,2 mei 2019

Rw 21 Kelurahan Purwantoro adalah salah satu dari sekian RW di wilayah kerja puskesmas Cisadea yang warganya terkena penyakit DBD.

Demam berdarah adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue yang di tularkan melalui perantara vektor nyamuk aedes aegypti yang ditandai dengan demam mendadak 2-7 hari tanpa sebab yang jelas,lesu,dan kadang bisa terjadi mimisan dan kesadaran menurun.

Dari sekian kasus DBD walaupun sudah dilakukan survey jentik oleh kader kesehatan, nyatanya masih terdapat jentik yang positif.

Penyakit ini merupakan salah satu masalah kesehatan yang utama Karena dapat menyerang semua golongan umur dan menyebabkan kematian khususnya pada anak.

Maka dari itu petugas kesehatan puskesmas Cisadea selaku pemegang program DBD yaitu ibu Meisinem,S.Kep.Ns melakukan pelacakan kasus DBD dengan mendatangi rumah warga” yang terkena DBD bersama kader,memeriksa tempat dan barang barang yang sekiranya dapat menjadi sarang nyamuk seperti kamar mandi,pot bunga yang tergenang,dispenser dan tempat minum burung.

Dengan tindakan pelacakan tersebut diharapkan kejadian DBD di wilayah kerja puskesmas Cisadea dapat berkurang dan masyarakat benar- benar bisa menerapkan dan menjalankan pola hidup bersih dan sehat .

 

About author

Articles

Organisasi Pemerintah bidang Kesehatan ? : Kami Siap Melayani Anda Dengan Ramah dan Nyaman ? : Jl. Cisadea No.19, Kelurahan Purwantoro ? : (0341) 489540

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *